5 Kue Tradisional yang Jadi Primadona dan Paling Diburu saat Ramadan

Gambara oleh Admin

5 Kue Tradisional yang Jadi Primadona dan Paling Diburu saat Ramadan

Pergi ke daerah setiap bulan Ramadan banyak kuliner khasnya yang dicari. Salah satunya adalah kue tradisional, rasanya manis dan legit!
Tak hanya dari Pulau Jawa, ada banyak kue tradisional di daerah lain. Pastinya Anda penasaran dengan citarasanya, apalagi kalau belum pernah mencicipi.
Dijamin rasa manis kue-kue tersebut bisa terasa di lidah dan menyapu rasa mulut yang asam, setelah seharian menahan lapar dan haus. Dikutip Okezone, Selasa (14/5/2019), berikut daftar kue legendaris yang wajib Anda cicipi selama Ramadan.
 
Dari Kota Semarang ada kue coro yang legendaris banget. Kue ini rasanya cenderung gurih ketimbang manisnya. Kuenya berbahan dasar tepung beras, telur dan ragi, yang hampir mirip dengan kue serabi. Kalau Anda ingin mencicipi, hampir di semua pasar tradisional mudah membelinya.
Salah satu kue khas Manado yang manis-manis rasanya adalah popaco. Anda bisa membuat kue tradisional ini dari bahan dasar santan, gula merah, tepung beras dengan kanji, serta ditambahkan rempah kayu manis. Saat kue ini baru matang dan diangkat dari kukusan, wanginya menyeruak. Apalagi kalau Anda mencicipi rasanya, dijamin nagih!

Saat menjalani ibadah puasa di Mandailing, Tapanuli Selatan, penjual pakkat atau rotan muda yang dibakar banyak berjejer. Makan pakkat biasanya menjadi tradisi, lalu dipadukan dengan kue dan minuman yang disajikan sebagai takjil. Walau citarasanya cenderung pahit, menurut warga Mandailing, pakkat bisa bikin ketagihan saat dimakan.

Orang Jawa pasti tahu dan rindu makan petulo. Hidangan yang terbuat dari tepung beras, lalu disiram kuah santan gula merah ini laris manis diburu pembeli saat Ramadan. Tekstur kuenya cenderung empuk dan kenyal, enak banget. Sayangnya, kue ini tergolong langka dan sulit sekali ditemui pada hari biasa. Nah, khusus selama Ramadan, penjaja petulo banyak sekali, namun bisa berebut kalau enggak beli duluan.

Dari Suku Banjar terdapat kue bingka yang ramai diburu pembeli saat Ramadan. Kue ini bahkan jadi primadona karena adanya cuma pas momen puasa saja. Kue bingka mirip seperti kue lumpur, teksturnnya empuk dan lembut, terbuat dari tepung terigu, campuran kentang, telur, santan dan gula pasir. Kalau tak membeli kue ini sata Anda berada di Kalimantan Selatan, rasanya ada yang kurang lho!

Komentar